Minggu, 27 Maret 2011

Alasan Dianjurkannya Penggunaan Software Open Source dalam Pembuatan Aplikasi serta Keuntungan dan Kerugian dari Penggunaan Software Open Source..

Rafika Wiyanti P

11107350

4KA09

" Mata Kuliah - Pengelolaan Proyek Sistem Informasi "


Untuk mengetahui alasan kenapa digunakannya software open source ini, terlebih dahulu kita harus mengetahui pengertian dari open source itu sendiri. Open Source Ialah sebuah sistem baru dalam mendistribusikan software kepada penggunanya dengan memberikan program dan source codenya secara gratis, bahkan penggunanya dapat mempelajari dan melakukan modifikasi untuk membuat software tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Saat sekarang ini software open source menjadi paradigma yang banyak dielu-elukan oleh banyak para pemakainya. Beberapa dari produk-produknyapun sangat bervariasi mulai dari aplikasi yang sederhana sampai dengan sistem operasi. Perkembangan software inipun begitu gencar sehingga memungkinkan setiap orng boleh mengambil source codenya.

Alasan dianjurkannya menggunakan software open source dalam membuat aplikasi ialah karena software open source ini dapat didapatkan secara Cuma-Cuma, selain mendapatkan softwarenya kita juga dapat melakukan modifikasi untuk membuat software tersebut sesuai dengan keinginan pengguna sesuai dengan kebutuhan.

Software yang berbasis open source ini memiliki berberapa keuntungan yang dapat dilihat dari sisi developer dan dari sisi pengguna.

ØØ Dari Sisi Developer

** Tidak ada biaya iklan dan perawatan program.

** Seluruh komunitas mau dan dapat membantu untuk membuat software kita menjadi lebih baik.

** Sebagai sara untuk memperkenalkan konsep kita.


ØØ Dari Sisi Pengguna

** Bisa Didapatkan secara GRATIS.

** Pengguna dapat terlibat dalam pengembangan program karena memiliki source codenya.

** Respon yang baik dari pemakai sehingga bug dapat ditemukan dan diperbaiki dengan lebih cepat.


Selain memiliki keuntungan seperti diatas, software yang berbasis open source ini juga memiliki beberapa kekurangan atau kerugian diantaranya :

1. Masalah yang berhubungan dengan intelektual property

Pada saat sekarang ini beberapa negara menerima software dan algoritma yang dipatenkan.Hal ini sulit diketahui jika beberapa metode utama untuk menyelesaikan masalah software dipatenkan sehingga beberapa komunitas dapat dianggap bersalah dalam pelanggaran intelektual property.

2. Tidak ada garansi dari pengembangan

Biasanya terjadi ketika sebuah project dimulai tanpa dukungan yang kuat dari satu atau beberapa perusahaan, memunculkan celah awal ketika sumber code masih mentah dan pengembangan dasar masih dalam pembangunan.

3. Kesulitan dalam mengetahui status project

Tidak banyak iklan bagi software open source, biasanya beberapa project secara tidak langsung ditangani oleh perusahaan yang mampu berinvestasi dan melakukan marketing.

Sumber-Sumber

http://id.wikipedia.org/wiki/Program_komputer#Free_Software

http://ezine.echo.or.id/ezine1/sedikit%20tentang%20Open%20source.txt

http://fit.uii.ac.id/berita-teknik-informatika/kelemahan-dan-keamanan-open-source-bagaimana-mengantisipasinya.html

http://nyenyenk.blogspot.com/2008/12/keuntungan-dan-kerugian-dari-open.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar